|
3.1. Memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan
|
Peserta didik
|
Aku Pribadi Yang Unik
|
C1
|
Disajikan data pribadi tentang Kelebihan dan kekurangan. Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang harus ditunjukan untuk menghadapi kekuatan dan keterbatasan diri
|
PG
|
1
|
Setiap orang memilki kemampuan dan kelemahan yang dimiliki dan hal itu merupakan sesuatu yang tidak dapat diingkari. Sikap yang tepat untuk menghadapi kekuatan dan keterbatasn diri adalah ...
Menolak keterbatasan dan menerima kemampuan yang dimiliki
Menolak kekuatan dan menerima keterbatasan apa adanya
Menolak keadaan diri seutuhnya
Menyadari, mengerti dan menerima diri apa adanya
Menyadari dan tidak perlu mengerti dan menerima diri apa adanya
|
D
|
|
1.2. Bertanggung jawab dalam menerima diri dengan segala kemampuan dan keterbatasannya
|
|
Aku Pribadi Yang Unik
|
C2
|
Peserta didik dapat menemukan sikap yang tepat dalam menghadapi kekurangan-kekurangan yang ada dalam dirinya
|
PG
|
2
|
Kita diciptakan Allah memiliki kelebihan dan kekurangan, bagaimana sikap kita mensikapi keurangan-kekurangan kita?
menutupinya supaya orang lain tidak tahu
menerimanya dan mengupayakan untuk diperbaiki
merasa minder
pura-pura tidak tahu
merasa terbebani, agar dimaklumi
|
B
|
|
|
|
Aku Pribadi Yang Unik
|
C1
|
Peserta didik dapat menemukan cara yang terbaik dalam mendalami keunikan yang ada dalam diri
|
|
3
|
Salah satu cara yang terbaik untuk menemukan keunikan dalam diri adalah melalui...
- Berrefleksi/menilai diri sendiri
- Berbuat baik
- Lingkungan sekitar
- Melalui pergaulan
- Sifat-sifat
|
A
|
|
|
|
|
C3
|
Peserta didik mampu mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada dalam diri dengan orang lain
|
|
4
|
Untuk mengatasi perbedaan antara pribadi yang satu dengan yang lainya supaya tidak terjadi permusuhan maka hendaknya setiap pribadi harus...
-
- Bersyukur saat pekerjaan sukses
- Mengikuti berbagai macam kursus
- Merendahkan orang lain dan meninggikan dirinya sendiri
- Menerima diri apa adanya, serta bersyukur kepada Tuhan
- Berjuang melalui berbagai cara
|
D
|
|
|
|
Keunikan Diri
|
C3
|
Disajikan sebuah cerita, dan peserta didik diminta untuk mengemukakan pendapatnya mengenai cerita tersebut.
|
PG
|
5
|
Hari Ini Jadwal Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Dan Budi Pekerti, sebelum mulai pelajaran guru meminta Aldo untuk memimpin doa. Tetapi Aldo tidak mau dengan alasan bahwa ia malu dan merasa diri tidak mampu. melihat sikap Aldo demikian, bagaimana pendapatmu mengenai sikap Aldo tersebut?
-
- Menurut saya Aldo tidak boleh malu dan takut karena memimpin doa merupakan kesempatan untuk belajar
- Menurut saya, Aldo malu karena tidak mempersiapkan diri
- Menurut saya, Aldo Gugup dan Malu karena tidak biasa memimpin doa
- Menurut saya, Aldo harus berani memimpin doa, apakah doa benar atau salah nanti guru yang koreksi
- Menurut saya, sebaiknya Aldo tidak terima pimpin doa karena belum mempersiapkan diri dan tugas tersebut diberikan kepada orang lain
|
D
|
|
|
|
|
C2
|
Disajikan sebuah cerita, peserta didik diminta untuk memberikan saran yang terbaik untuk membantu Paijo
|
PG
|
6
|
Paijo berasal dari keluarga miskin, tidak tergorong siswa pandai. Tiap mendatangi diskusi kelompok teman kelompok diskusi malah bubar. Tiap kali menanyakan pelajaran kepada teman selalu teman itu menjawab tidak tahu. Sebagai siswa yang baik, bentuk bantuan yang Anda berikan kepada Paijo adalah..,
-
-
-
-
- Menolak juga mengikuti teman teman lainnya
- Menerima dan mengajak berdskusi tentang keluarganya
- Menerima dengan memberi uang setiap hari
- Membantu pelajaran, berteman dan kadang beri makan
- Menolak dan berusaha tidak menyentuh
|
|
|
|
Peserta didik
|
Keluhuran manusia sebagai pribadi yang unik menurut Kitab Kej 1: 26-31
|
C3
|
Disajikan kutipan teks Kitab Suci Kej 1:26-31. Peserta didik dapat
merumuskan pesan dari kutipan teks tersebut tentang keluhuran manusia sebagai pribadi yang unik.
|
PG
|
7
|
Kitab Kej 1: 26 – 31!
26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita
menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burungburung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka:
“Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”29 Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuhtumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.
30 Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala
yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.
31 Maka Allah melihat segala yang dijadikanNya itu, sungguh amat baik.
Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.
Pesan utama yang bisa diambil dari kutipan teks Kita Suci di atas adalah ...
- Waktu menciptakan manusia, Allah merencanakan dan menciptakannya menurut gambar dan rupaNya
- Waktu menciptakan manusia Allah seolah-olah tidak perlu “bekerja” secara khusus
- Segala seusatu termasuk taman Firdaus, tidak diserahkan Allah untuk manusia
- Allah tidak memperlakukan manusia secara khusus
- Manusia tidak dipikirkan dan direncanakan Allah
|
A
|
|
|
|
|
|
Disajikan perikop Suci Kej. 1:28 dan siswa mampu meng artikan kuasa yang diberikan oleh Tuhan
|
PG
|
8
|
“Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkannlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan dilaut dan burung-burung diudara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” (Kej. 1:28) Kata berkuasalah mengandung arti ….
A. manusia diberi kuasa seluas-luasnya dan boleh menggunakan semaunya sendiri.
B. kuasa yang berarti bertanggung jawab atas segala ciptaan
C. manusiasebagai pengganti Tuhan untuk menguasai alam
D. manusia penguasa semua makhluk ciptaan
E. sama-sama berkuasa sebagai citra Allah.
|
B
|
|
|
|
|
C2
|
disajikan data keunikan manusia, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur yang menunjukkan manusia disebut Unik
|
PG
|
9
|
Perhatikan pernyataan berikut ini:
-
-
-
- Mata
- Rambut
- Warna Kulit
- Gemuk
- Marah
- Sabar
- Malu
Dari pernyataan tersebut diatas, yang menunjukkan keunikan manusia dari segi Fisik atau ciri-ciri fisik adalah...
-
-
-
-
- No. 1,2,3,dan 4
- No. 2, 3, 5 dan 7
- No. 3,4,5, dan 7
- No. 1,3,4 dan 6
- No. 2,3,4,5
|
A
|
|
|
|
|
C1
|
Peserta didik dapat menunjukkan unsur-unsur yang menunjukkan keunikan seseorang dalam segi sifat
|
|
10
|
Pada soal Nomor 9 pernyataan yang menunjukkan keunikan manusia dari segi sifat adalah
-
-
-
-
-
-
-
- No. 1,4,5
- No. 2,3,4
- No. 3.4.5
- No. 4,5,6
- No. 5,6,7
|
E
|
|
|
Peserta didik
|
Mengembangkan Karunia Allah
|
C3
|
Disajikan sebuah cerita kemampuan dan keterbatasan diri. Peserta didik dapat merumuskan sikap-sikap dan upaya yang diperlukan dalam mengembangkan bakat dan kemampuan
|
PG
|
11
|
Lena Maria adalah seorang wanita yang tangguh. Dia terlahir dengan banyak sekali keterbatasan karena cacat fisik yang dimilikinya. Ia terlahir tanpa
tangan dan kaki kirinya hanya setengah dari kaki kananya. Tetapi dia tidak pernah menyerah dan selalu bersyukur atas semua yang dimilikinya. Dengan bekal mimpi, kemauan dan semangat
pantang menyerah, akhirnya dia bisa mengembangkan semua talenta yang dimilikinya. Dia bisa meraih kesuksesan walaupun dengan kondisi fisik yang terbatas. Pada usia 18 tahun, ia memecahkan rekor berenang pada kejuaraan dunia. Bakatnya pada musik
juga sangat luar biasa. Ia sekarang sebagai penyanyi professional.
Sikap-sikap dan upaya yang diperlukan dalam mengembangkan bakat dan kemampuan berdasarkan cerita di atas adalah ...
- Setiap orang mempunyai kemampuan dan tidak memiliki keterbatasan karena itu manusia selayaknya berlaku arogan
- Setiap orang memiliki kekurangan dan terimalah itu dengan sikap pesimis
- Setiap orang memiliki kemampuan yang dianugerahi Tuhan, diharapkan agar orang menjadi sombong atau takabur
- Setiap orang memiliki keterbatasan karena itu perlu dikembangkan sikap mau bekerja keras, mau belajar dari orang lain, optimis dan tidak cepat menyerah
- Setiap orang memiliki kemampuan dan keterbatasan dan hal itu tidak perlu disadari
|
D
|
|
|
|
|
C2
|
Disajikan sebuah cerita, peserta didik mampu menganalisa faktor yang mempengaruhi bakat yang dimiliki seseorang
|
|
12
|
Semua teman sepermainan Nani mempunyai hobi bermain musik. Ketika Nani diajak berlatih, ia sangat antusias. Sekarang ia sangat mahir dalam bermain musik, bahkan ia berprestasi. Kepandaian Nani dalam bermain musik sangat dipengaruhi oleh faktor...
a. tradisi
b. lingkungan
c. latihan
d. keturunan
e. iman
|
B
|
|
|
|
|
C1
|
Peserta didik mampu menunjukkan sikap rasa syukur atas karunia Tuhan yang diterima
|
PG
|
13
|
Salah satu sikap mensyukuri rahmat Allah pada tubuh kita adalah...
-
-
-
-
-
-
-
- menutupi kekurangan
- merawat dan mengembangkan
- mengikuti gaya hidup orang lain yang lebih baik
- menyomongkan diri
- menutup diri dari orang yang tidak mampu
|
B
|
|
|
|
|
C3
|
Disajikan teks Injil tentang talenta, Peserta didik dapat merumuskan pesan bacaan Kitab Suci tentang “Perumpamaan tentang Talenta” dalam Injil Mat 25: 14-30
|
PG
|
14
|
Bacalah teks Injil berikut ini:
“Sebab hal Kerajaan Surga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luarnegeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanyakepada mereka.
Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yangseorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu iaberangkat.Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uangitu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua talenta itu pun berbuat demikian juga danberlaba dua talenta.Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang didalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya (Mat 25: 14-18
Pesan yang dapat dirumuskan dari bancaan Injil Matius di atas adalah ...
- Setiap orang diberi talenta oleh Tuhan dan setiap orang tidak perlu mengembangkannya
- Setiap orang diberi talenta oleh Tuhan dan setiap orang wajib mengembangkan dan menggunakannya sebagaimana mestinya
- Kita tidak harus mengembangkan bakat yang kita milki karena Tuhan tidak memberikan talenta kepada manusia
- Mengembangkan talenta sebagaimana mestinya adalah bukan panggilan dan tuntutan orang beriman kristiani
- Allah tidak akan sedih dan kecewa jika kita memendamkan bakat dan kemampuan yang kita miliki
|
B
|
|
|
|
|
C3
|
Disajikan beberapa pernyataan dan siswa mampu menentukan pernyataan yang paling benar berdasarkan Teks Perumpamaan Tentang Talenta pada soal No. 4
|
PG
|
15
|
No
|
Pernyataan
|
1.
|
Hamba I mendapat 5 Talenta dan menghasilkan laba 5 Talenta
|
2.
|
Hamba III mendapat 2 Talenta dan menghasilkan Laba 2 Talenta
|
3.
|
Hamba II mendapat 5 Talenta dan menghasilkan Laba 2 Talenta
|
4.
|
Hamba III mendapat 1 talenta dan tidak mengembangkan Talenta
|
5.
|
Hamba III mendapat 1 Talenta dan menghasilkan 2 talenta
|
Dari Pernyataan tersebut diatas, pernyataan yang paling Benar sesuai dengan Teks Kitab Mat:25:14-30 terdapat pada Nomor:
- Nomor 1 dan 2
- Nomor 2 dan 4
- Nomor 3 dan 4
- Nomor 1 dan 4
- Nomor 1 dan 5
|
D
|
|
|
Peserta didik
|
Mengembangkan Karunia Allah
|
C3
|
Siswa dapat menerapkam upaya mengembangkan talenta dalam kehidupan sehari-hari
|
|
16
|
Upaya mengembangkan talenta berdasarkan teks Injil Matius 25:14-30 dapat diterapkan secara benar dalam kehidupan sehari-hari, nampak dalam pernyataan …
- Mengembangkan dengan sungguh-sungguh talenta yang diberikan Tuhan
- Mempertanyakan mengapa talenta yang diberikan tidak sama
- Bersyukur apabila berhasil mengembangkan talenta
- Mengembangkan talenta yang ada asal ada motivasi dari orang lain
- Mengembangkan talenta seadanya dengan bantuan orang lain
|
A
|
|
|
|
|
C1
|
Peserta didik dapat menemukan cara mensyukuri Talenta yang Tuhan berikan
|
|
17
|
Salah satu bentuk ucapan syukur kepada Tuhan atas talenta yang kita miliki dengan cara ….
A. berdoa
B. menyumbang
C. mengejar prestasi
D. mencintai talenta itu
E. menganggap diri paling
|
A
|
|
3.2 Memahami jati diri sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat
|
Pribadi peserta didik
|
Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki
|
C1
|
Disajikan data tentang keluhuran manusia sebagai citra Allah. Peserta didik dapat mengidenfikasi arti manusia sebagai citra Allah
|
PG
|
18
|
Perhatikan pernyataan berikut ini
- Manusia dapat mengenal dan mengasihi pencipta-Nya
- Umat manusia merupakan satu kesatuan, karena mempunyai asal yang sama yaitu Allah
- Manusia wajib mengembangkan dirinya untuk menjadi lebihsempurna
- Semua manusia adalah saudara dan saudari di dalam Tuhan
- Manusia mewarisi sifat-sifat Allah dan memiliki kemampuanseperti Allah
Dari pernyataan di atas, yang termasuk arti manusia sebagai citra Allah adalah …
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
|
B
|
|
3.2 Memahami jati diri sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat
|
|
|
C2
|
Disajikan perikop Kitab suci, peserta didik dapat memahami tujuan Allah menciptakan Pria dan Wanita
|
PG
|
19
|
Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burungburung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi (Kej 1:26-27)
Dari kutipan perikop diatas, Tujuan Allah menciptakan manusia adalah...
- menjaga keutuhan alam semesta
- mempertahankan bangsa manusia dari kepunahan
- saling melengkapi, sempurna, melanjutkan keturunan, mencapai keselamatan
- mengawasi setiap makhluk ciptaan yang lain
- bersaing untuk mendapatkan kedudukan tinggi di mata Allah
|
C
|
|
|
|
|
C2
|
Peserta didik dapat menjelaskan arti manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah
|
Pg
|
20
|
Kitab Kejadian 1:26-28; menjelaskan bahwa manusia diciptakan sesuai gambaran kebaikan Allah. Kenyataan itu kita pahami bahwa manusia diciptakan menurut ....
-
- rencana Allah
- sifat-sifat Allah
- kehendak Allah
- citra Allah
|
D
|
|
|
|
|
C2
|
Peserta didik dapat menjelaskan keistimewaan Manusia diantara makhluk hidup lainnya
|
|
21
|
Manusia diciptakan sebagai citra Allah karena manusia diberi keistimewaan-keistimewaan berikut ….
A. akal budi
B. hati nurani
C. kehendak bebas
D. kemampuan berkuasa
E. akal budi, kehendak bebas dan menguasai
|
E
|
|
Memahami jati diri sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat
|
Peserta didik
|
Kesetaraan Laki-laki dan perempuan
|
C3
|
Disajikan sebuah kasus tentang perendahan martabat perempuan. Peserta didik mampu menyimpulkan alasan-alasan perendahan martabat perempuan
|
PG
|
22
|
Di dalam kebudayaan sebagian besar masyarakat NTT, ketika melaksanakan upacara adat, biasanya kaum perempuan selalu duduk di dapur dan tidak dilibatkan dalam pembicaraan adat. Demikian juga dalam bidang pendidikan. Kebanyakan orang tua berpikir bahwa yang menjadi prioritas dalam menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah anak laki-lakinya. Selain itu, kaum perempuan juga sering mengalami kekerasan dalam rumah tangga.
Faktor penyebab perendahan martabat kaum perempuan dalam kasus di atas adalah …
- Adat yang mengondisikan laki-laki di bawah perempuan
- Pandangan bahwa laki-laki lebih superior terhadap perempuan
- Perempuan harus tunduk kepada laki-laki karena diciptakan dari tulang rusuk laki-laki
- Budaya patriarkat yang ada dalam masyarakat
- Budaya matrilinear yang berlangsung turun-temurun.
|
D
|
|
|
|
|
C2
|
Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang baik dalam mewujudkan kesetaraan perempuan dan laki-laki
|
PG
|
23
|
Contoh perilaku yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan adalah bahwa laki-laki ….
A. berkuasa atas perempuan
B. harus menghormati perempuan
C. Laki-laki dan perempuan saling menghormati
D. Laki-laki harus menang dari perempuan
|
C
|
|
|
|
|
C3
|
Disajikan sebuah data, peserta didik dapat menganalisa perbedaan perempuan dan laki-laki
|
PG
|
24
|
Pria dan wanita diciptakan semartabat dan sederajat. Keduanya diciptakan menurut citra Allah: diciptakan menurut gambar dan rupa Allah yang satu dan sama (Kejadian 1, 26 -27). Akan tetapi di dalam kenyataan, keduanya memiliki perbedaan yang khas baik dipandang dari segi biologis maupun psikologis. Secara psikologis cara berfikir, perasaaan, alun dan selera seks, sikap dan tindakan mereka ternyata berbeda.
Sesuai dengan hasil analisa, perbedaan berikut merupakan perbedaan dari sikap dan tindakan laki-laki dan perempuan, yaitu…
-
- perasan wanita lebih mudah bergetar, sedangkan pria agak terkendali.
- pikiran wanita lebih ke luar dirinya, sedangkan pria lebih ke dalam dirinya
- pria agresif, berbuat dan membangun, wanita pasif, menerima dan memelihara.
- wanita agresif, berbuat dan membangun, pria pasif, menerima dan memelihara.
- wanita lebih mudah terangsang pada hal-hal lahiriah, sedangkan pria pada hal-hal batiniah
|
C
|
|
|
|
|
C3
|
Disajikan sebuah berita, peserta didik dapat menganalisa alasan kesetraan perempuan dan laki-laki
|
PG
|
25
|
Bacalah kisah berikut !
Wali kota Surabaya ini adalah seorang pekerja keras. Melalui tangan dinginnya, Risma menyulap kota Surabaya menjadi lebih indah, asri, hijau serta segar. Maka tak heran pada bulan Februari 2014 lalu, ia terpilih menjadi wali kota terbaik dunia. Risma dipilih karena dinilai sukses membawa perubahan signifikan terhadap perkembangan kota Surabaya. Ia dengan penuh semangat mempromosikan kebijakan di bidang sosial, ekonomi serta lingkungan.
Risma telah memperjuangkan pengembangan pelabuhan di Jawa Timur yang telah 20 tahun mangkrak, sejak Risma menjabat sebagai walikota pengembangan lalu lintas pelabuhan telah meningkat lebih dari 200%. Sejak dipimpin oleh Risma, Surabaya memiliki beberapa taman, seperti taman persahabatan, taman skate dan taman BMX, serta taman Flora. Taman-taman itu juga dilengkapi dengan fasilitas wifi, perpustakaan, serta fasilitas olah raga. Sederet prestasipun telah diraihnya, salah satunya adalah nominasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi majalah Forbes.
Alasan perempuan bisa mencapai kesetaraan dengan laki-laki dari teks tersebut adalah ....
- adat istiadat setempat yang telah lama mengkondisikan perempuan bisa melebihi laki-laki
- adanya berbagai kebijakan yang diambil oleh pimpinan yang sudah dilakukan secara turun-temurun
- semangat bekerja keras dan tidak mengenal lelah yang membuat perempuan setara dengan laki-laki
- adanya dominasi kaum perempuan dalam berbagai bidang kehidupan baik sosial, ekonomi maupun budaya
- kurangnya kesadaran, keberanian dari kaum laki-laki untuk memperjuangkan dan mencapai hak-haknya
|
C
|
|
|
|
|
C2
|
Peserta didik dapat menunjukkan perbedaan antara laki-laki dan perempuan
|
PG
|
26
|
Pernyataan dibawah ini yang menunjukkan perbedaan Laki-laki dan Perempuan adalah...
a. laki-laki pasif, perempuan agresif
b. laki-laki memelihara perempuan membangun
c. laki-laki terikat dirumah, perempuaan terikan di kantor atau ladang
d. laki-laki merawat, perempuan mencipta
e. laki-laki mementingkan karier, perempuan mementingkan rumah tangga
|
E
|
|
|
|
|
C1
|
Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat menganalisa tugas dan tanggung jawab utama laki-laki dalam keluarga
|
PG
|
27
|
Pak Lukas adalah seorang Guru di lembaga pendidikan SMAS katolik Sint Pieter. Selain sebagai guru, beliau memiliki karakter pekerja keras. Ketika pulang sekolah ia melakukan pekerjaan tambahan yakni dengan Ojek. Ia bekerja untuk menghidupi istri dan anaknya sebab gaji tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari.
Dari ilustrasi tersebut diatas, jika dikaitkan dengan tugas dan tanggung jawab laki-laki dalam keluarga, maka Pak Lukas melakukan tugas utama adalah
-
-
-
-
- Mengasihi Tanpa Pamrih
- Mencari Nafkah
- Menyusui
- Memasak
- Merawat/memelihara
|
B
|
|
|
|
|
C2
|
Disajikan sebuah data, peserta didik dapat menentukan tugas pokok wanita dalam keluarga
|
PG
|
28
|
Perhatikan data berikut:
1. mengasihi tanpa pemrih
2. memelihara
3. menjadi partner
4. melindungi
Yang merupakan tugas wanita dalam keluarga adalah…
a. 1 dan 3
b. 1 dan 2
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 1 dan 4
|
|
|
|
|
|
C2
|
Disajikan sebuah data, peserta didik dapat menjabarkan cara berpikir perempuan
|
PG
|
29
|
Perhatikan cara berfikir berikut ini!
1. intuitif
2. obyektif
3. teoritis
4. konkret
yang merupakan ciri berfikir wanita adalah...
-
-
-
-
-
-
-
- 1 dan 2
- 2 dan 3
- 1 dan 2
- 1 dan 4
- 2 dan 4
|
D
|
|
3.3 Memahami konsekuensi dirinya sebagai citra Allah dalam berelasi dengan sesama manusia yang diciptakan sebagai citra Allah yang bersaudara satu sama lain
|
|
Keluhuran Manusia sebagai Citra Allah
|
C1
|
Siswa mampu menunjukkan sikap untuk saling menghargai satu sama lain sebagai citra Allah
|
PG
|
30
|
Bagaimana sikap anda ketika melihat orang mengalami kecelakaan motor dijalan?
- Membiarkan saja ditempat karena ia tidak hati-hati dalam mengendarai motor
- Menolong orang tersebut dan membawa kerumah sakit
- Menelpon polisi saja agar polisi yang membantu
- Pergi dan memberitahukan orang-orang disekitar agar dating memberikan bantuan
- Menonton saja karena ada orang lain yang membantu
|
B
|
|
3.3 Memahami konsekuensi dirinya sebagai citra Allah dalam berelasi dengan sesama manusia yang diciptakan sebagai citra Allah yang bersaudara satu sama lain
|
|
|
C1
|
Peserta didik mampu memberi contoh tindakan yang menunjukkan kesederajatan pria dan wanita dalam hidup sehari-hari
|
Pg
|
31
|
Allah menciptakan pria dan wanita sederajat. Contoh tindakan yang menunjukkan kesederajatan pria dan wanita dalam kehidupan sehari-hari adalah...
- Pria dan wanita mempunyai kesempatan yang sama dalam mengembangkan diri
- Pria memberi wanita menerima
- Wanita bersedia menerima setiap pemberian pria
- Keputusan pria lebih tinggi dari wanita
- Pria bekerja di luar rumah, wanita bekerja di dalam rumah
|
A
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
SUARA HATI
|
C2
|
Disajikan sebuah kasus pergumulan suara hati, peserta didik mampu menemukan sikap yang tepat sesuai keputusan suara hati yang benar
|
PG
|
32
|
Maria mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan Tinggi Negeri. Pada saat mengikuti ujian, ia merasa kesulitan dalam menjawab soal-soal yang ada, dan ia melihat peserta lain yang ada di sekitarnya mulai mencontek. Ia mulai gelisah dan timbul keinginan dalam dirinya untuk mengikuti apa yang dilakukan beberapa temannya. Terjadi pergumulan dalam dirinya. Sikap tepat yang seharusnya diambil oleh Maria dalam ceritera di atas adalah ...
- Mengikuti suara hatinya walaupun suara hatinya keliru
- Ragu-ragu atau bingung dalam mengambil keputusan
- Mengikuti suara hatinya untuk menghindari perbuatan buruk
- Ada pergumulan dalam dirinya sebelum melakukan sesuatu
- Merasa senang karena ia melakukan perbuatan baik yaitu tidak mencontek
|
C
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
|
C1
|
Peserta didik dapat menjelaskan arti suara hati
|
PG
|
33
|
Kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam hati setiap manusia yang membawa seseorang menyadari diri akan kewajiban dan tangung jawabnya baik sebagai makhluk pribdi, sosial maupun makhluk Tuhan merupakan pengertian dari...
- Etika moral
- Sopan santun
- Suara hati
- Sebuah mimpi
- Kesadaran mora
|
C
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
SUARA HATI
|
C3
|
Peserta didik dapat merumuskan contoh pelaksanaan suara hati dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
34
|
Seorang gadis dapat saja melaksanakan abortus, sebab menurut hati nuraninya perbuatan itu tidak salah. padahal menurut norma objektif perbuatan itu jelas salah. contoh tersebut merupakan tindakan hati nurani yang …
- benar
- keliru
- salah
- tumpul
- mati
|
C
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
CARA MEMBINA SUARA HATI
|
C1
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk kegiatan pembinaan suara hati
|
PG
|
35
|
Bentuk-bentuk kegiatan pembinaan suara hati:
- Membaca Kitab Suci
- Melakukan refleksi
- Mengikuti kegiatan rohani
- Mengadakan sharing pengalaman iman
- Melakukan konsultasi kepada pembimbing rohani
Bentuk-bentuk kegiatan pembinaan suara hati dengan mencari keterangan pada sumber yang baik adalah...
- 1, 2, 3
- 1, 2, 4
- 1, 3, 5
- 2, 4, 5
- 3, 4, 5
|
C
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
|
C3
|
Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat merumuskan cara kerja suara hati dari segi waktu
|
PG
|
36
|
Seorang remaja putri larut dalam pergaulan dengan pacarnya dan kemuadian ia menyadari kalau ia sudah hamil. Remaja tersebut dimarahi oleh orang tuanya dan akhirnya menyesali perbuatannya. Hal ini merupakan cara kerja hati nurani....
- Sebelum melakukan sesuatu
- Pada saat tindakan dilakukan
- Pada saat dan sebelum tindakan dilakukan
- Sesuadah perbuatan dilakukan
- Memikirkan suatu tindakan
|
D
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
Suara hati
|
C2
|
Peserta didik dapat membedakan kebiasaan – kebiasaan yang menyebabkan tumpulnya suara hati.
|
PG
|
37
|
Kebiasaan – kebiasaan yang membuat tumpulnya suara hati dikalangan remaja adalah...
- Kebiasaan menyontek
- Kebiasaan ABS
- Praktik riba
- Praktik kebencian
- Kebiasaan menyogok
|
A
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
Suara hati
|
C2
|
Disajikan sebuah cerita, pesserta didik dapat menerapkan cara mengikuti suara hati
|
PG
|
38
|
Jovan dikenal sebagai siswa yang nakal di kelasnya. Setiap hari ia bolos sekolah. tindakan yang dilakukan Jovan adalah tindakan yang...
- Tindakan yang tidak baik.
- Tindakan yang menumpulkan suara hati.
- Tindakan yang berbudi.
- Tindakan yang semena-mena.
- Tindakan yang merugikan diri sendiri
|
A
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
Suara hati
|
C2
|
Peserta didik dapat menemukan alasan penyebab tumpulnya suara hati
|
PG
|
39
|
Salah satu alasan kenapa hati nurani biasa tumpul/buta adalah...
- Orang tersebut ragu-ragu atau bingung
- Koreksi diri/menilai diri sendiri
- Mencari keterangan pada sumber yang baik
- Mengikuti suara hati dalam berbagai hal
- Mengkuti kegiatan pramuka
|
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
|
C1
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian suara hati dari segi sempit
|
PG
|
40
|
Merupakan pengertian dari hati nurani dalam arti sempit adalah ….
- penerapan kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam situasi konkret
- ajakan yang berperan sebelum sesuatu dikerjakan
- ajaran yang baik yang timbul dari dalam
- kemauan atau dorongan yang baik
- bisikan suara hati manusia
|
A
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
|
C2
|
Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat merumuskan peran suara hati
|
PG
|
41
|
William adalah siswa kelas X SMA. Suatu ketika, William akan mengikuti ujian, ia belajar hingga larut malam dan terlambat tidur. Keesokan pagi William bangun dan termenung sejenak mendengar suara hatinya. meminta William untuk segera bangun dan berangkat sekolah supaya tidak terlambat dan di sisi lain meminta William tidur lagi beberapa saat karena masih mengantuk. Akhirnya William memutuskan untuk bangun dan berangkat ke sekolah. Peran suara hati dalam diri William adalah ... .
- memberi perintah bertindak hati-hati
- sebagai petunjuk dalam mengambil keputusan yang benar
- menunjukkan akibat dari perbuatan
- memberi peringatan akan hukuman Allah
- memberi hukuman setelah keputusan dilaksanakan
|
B
|
|
3.4 Memahami peran dan fungi suara hati sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
|
|
|
C2
|
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi suara hati
|
|
42
|
Ketika dihadapkan pada suatu masalah, hati nurani dapat membantu kita untuk mempertimbangkannya. Maka hati nurani ini berfungsi sebagai...
-
- hati nurani sebagai penghukum
- hati nurani sebagai petunjuk
- hati nurani sebagai halim
- hati nurani sebagai perantara
- hati nurani sebagai pebanding
|
B
|
|
3.5 Memahami perlunya sikap kritis dan bertanggung-jawab terhadap pengaruh mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang
|
Peserta didik
|
Bersikap kritis terhadap media massa
|
C3
|
Disajikan artikel tentang penggunaan media sosial, peserta didik mampu menganalisa penggunaan media sosial
|
PG
|
43
|
Bacalah artikel berikut dengan cermat!
“Berani Ambil Sikap!”
“Anda harus berani mengambil sikap! Jadikanlah media sebagai alat bukan tuan! Demikian penegasan ketua Komisi Sosial Konferensi Wali Gereja Indonesia (Komsos KWI) Mgr. Hilarion Datus Lega Pr. “Media bukan segala-galanya yang harus melampaui hati nurani,akal budi sehat dan kebutuhan konkret manusia yang menggunakannya.”
Sikap tegas ini harus diambil oleh siapa saja, termasuk kaum muda dan orang tua yang mau mendidik anak-anaknya dalam menghadapi banjir media. Tidak dapat dipungkiri kalau setiap saat informasi dari berbagai media, baik yang harum semerbak laksana melati, maupun yang berbau menusuk seperti sampah busuk, memasuki setiap rumah tangga, melalui segala macam media, dari cetak, audio visual, sampai multi media. Namun, sampah busuk itu memang tidak terpisahkan dari mawar melati tadi, karena memang pada dasarnya media seperti dua sisi mata uang. “Implikasi negatif dari media tidak dapat kita hindari. Mau atau tidak, suka atau tidak media membawa serta kaitan-kaitan seperti itu.
Ia memberi contoh tayangan-tayangan di televisi yang menunjukkan kekerasan. Banyak orang menuding bahwa tawuran anak sekolah dan kebrutalan lainnya merupakan akibat dari tayangan seperti itu.
Mgr. Datus mengajak semua pihak untuk tidak bersikap panic menghadapi banjir media. Yang penting adalah anak-anak harus dilatih untuk bersikap kritis dan orang tua juga harus menyediakan waktu untuk anak-anaknya.
(Sylvia Marsidi: Majalah Hidup No. 21 Tahun ke-60/ 21 Mei 2006)
Penggunaan media sosial yang tepat berdasarkan artikel di atas adalah…
- Media bukan saja sebagai alat tetapi juga sebagai tuan
- Media merupakan segala-galanya karena manusia tidak bisa hidup tanpa media
- Selalu berlatih untuk bersikap kritis terhadap media
- Bersikap panik menghadapi banjir media
- Media hanya menyajikan informasi yang bermanfaat
|
C
|
|
3.5 Memahami perlunya sikap kritis dan bertanggung-jawab terhadap pengaruh mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang
|
|
|
C2
|
Peserta didik mampu menjelaskan arti sikap kritis terhadap media massa
|
PG
|
44
|
Segala jenis media massa mempunyai sisi negatif dan positif maka memerlukan sikap kritis dari penggunaannya. Yang dimaksud dengan bersikap kritis terhadap media massa adalah...
-
-
-
-
- menggunakan semaksimal mungkin
- mengunakan jika menguntungkan
- menggunakan dengan selektif
- menggunakan seperlunya
- menolak semua media massa
|
A
|
|
3.5 Memahami perlunya sikap kritis dan bertanggung-jawab terhadap pengaruh mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang
|
|
Bersikap kritis dan bertanggung jawab terhadap media massa
|
C2
|
Disajikan cerita/kutipan tentang penggunaan media massa, peserta didik mampu menganalisa sikap kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh media massa berdasar cerita/kutipan
|
PG
|
45
|
Media massa khususnya media online saat ini banyak digemari oleh para remaja. Karena media online menyediakan banyak hal, baik yang positif maupun yang negatif. Yohanes yang adalah seorang pelajar SMA Kelas X, juga menggunakan media online khususnya facebook, twitter, dan instagram. Ia membagikan video-video motivasi dan inspirasi, serta informasi-informasi sehubungan dengan pelajaran yang ia terima di sekolah. Ia juga tidak memuat status yang berbau SARA dan mengandung ujaran kebencian.
Sikap yang ditunjukan oleh Yohanes sehubungan dengan penggunaan media massa dalam cerita di atas adalah ...
-
-
-
-
- Belajar mengendalikan diri dan menjaga ketertiban dalam menggunakan media sosial
- Memahami secara lebih mendalam apa yang dilihat, didengar dan dibaca dalam media sosial
- Mendukung tersiarnya informasi yang baik dan menghindari informasi yang buruk
- Memanfaatkan media massa untuk mencari informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi
- Bertanggung jawab dan bijaksana serta kritis dalam menggunakan media massa
|
E
|